Sunday, October 9, 2011

Cegugukan Atau Cegukakan?

Athifah cegukan!
Ia melapor : "Mama, Saya cegugukan."
Mama : "Apa? Cegugukan?"
Athifah : "Iya, cegugukan."
Mama tersenyum, "Oooh, cegugukan"
Kadang-kadang mama iseng juga. Bukannya membenarkan ia malah menikmati.
Athifah mengulanginya lagi, "Iya Ma, Saya cegukakan."
Mama merespon, "Oh, cegukakan yah?"
Athifah berkata, "Iya, cegukakan."
Kepada papa yang baru datang, mama bercerita, "Pa, tadi Athifah cegugukan, habis itu dia cegukakan."
Papa tersenyum.

Athifah membenarkan mama, "Iya Pa, tadi saya cegugukan habis itu saya Saya cegukakan."
Mama tertawa.
Aih seorang ibu koq seperti itu yah?
Saat menulis ini, mama berhenti sebentar dan meluruskan, "Athifah tadi cegu ...?"
Athifah menjawab, "Kan."
Mama berkata, "Iya, Athifah cegukan yah .. bukan cegugukan, juga bukan cegukakan."
Athifah bertanya, "Kalau cegugukan apa artinya?"
Mama menjawab, "Tidak ada artinya."
Athifah bertanya lagi, "Kala cegukakan, apa artinya?"
Mama menjawab, "Tidak ada artinya."
Makassar, 10 Oktober 2011
'Cegukan' rupanya masih sulit diucapkan anak usia 5 tahun ...

No comments:

Post a Comment