Friday, February 11, 2011

Kita Atau Kita' ?

Ini cerita bapak saya sewaktu masih sekolah di SAA (Sekolah Asisten Apoteker) pada tahun 1950-an silam (SAA ini bertahun-tahun kemudian berganti nama menjadi SMF (Sekolah Menengah Farmasi), letaknya di jl. Baji Gau Makassar, depan SMPN 3) ....
Suatu ketika terjadi percakapan bapak saya dengan temannya, orang Manado. Temannya itu tengah mencari mistarnya, ia bertanya apakah mistar yang berada di depan mereka adalah mistarnya, “Ini kita pe belebas?” (dalam dialek Manado, kata kita mengacu pada kata ganti orang pertama tunggal, yaitu ‘saya’). Bapak saya menjawab, “Bukan, ini kita’ punya belebas” (dalam dialek Bugis/Makassar, kata kita’ mengacu kepada kata ganti orang kedua, yaitu ‘anda’). Selama beberapa menit kemudian percakapan itu berulang karena tidak akan selesai kalau tidak ada yang menjelaskan perbedaan dialek itu karena teman bapak mengira bapak saya mengakui mistar itu milik bapak tetapi bapak saya mengira yang dimaksud temannya adalah apakah mistar itu milik bapak saya padahal di benak mereka adalah yang sebaliknya ...
Bingung membacanya ... ? pahami dulu dialek Bugis/Makassar dan dialek Manado ... kalau sudah paham ... terlalu deh kalau anda masih bingung ...
11 Februari 2011

No comments:

Post a Comment