Ada satu hal yang menjadi perhatian saya sekarang, sehubungan dengan pendidikan anak saya (dan juga anak-anak lain) kelak.
Apa itu?
Yaitu, produk yang sekarang terpampang dengan bebas di mana-mana, dan pas dengan tinggi badan anak balita hingga anak usia SD. Produk itu, selalu ada di bagian depan, dekat sekali dengan kasir. Jadi sangat eye catching buat anak-anak. Apalagi disain warna kemasannya banyak yang menarik, ditambah dengan tulisan ‘rasa’, ‘aroma’ atau model produk yang bersangkutan.
Peletakan produk didisplai pas di depan mata anak-anak |
Terus terang ... peletakan produk ini di apotek-apotek dan mart-mart membuat saya resah. Coba perhatikan, apotek-apotek dan mart-mart itu sekarang meletakkannya persis dalam jangkauan mata anak-anak. Kelihatan seperti iklan supaya anak-anak mengenal k****m sedini mungkin. Ya iyalah, anak-anak sekarang ‘kan sukanya ke mart-mart yang bertebaran di mana-mana, bukan hanya di jalan besar tetapi juga di jalan-jalan kecil bahkan di dalam kompleks perumahan. Daripada ke warung/toko yang memiliki disain ala kadarnya, anak-anak lebih suka menarik orangtua mereka ke mart-mart yang memiliki disain lebih indah, barang-barang lebih tertata dan beragam, update pula, juga sering kali mengiming-imingi konsumen dengan hadiah. Dengan alasan-alasan itu, para orangtua pun mungkin lebih memilih ke mart daripada ke toko/warung. Nah, jika setiap mereka masuk mart (atau apotek) dan di depan mereka langsung tersuguhi produk-produk imut yang eyecatching ini tetapi mereka tidak pernah boleh memilikinya setiap mereka minta padahal gambar disainnya sedemikian menariknya ada pilihan rasa pula. Apa salah jika mereka menyimpan satu tanda tanya besar tentangnya?
Produk beraneka 'rasa' yang sungguh memancing rasa ingin tahu anak |
Peletakan produk di bawah pinggang orang dewasa, pas dengan pandangan mata anak-anak. Suatu kebatulan mart ini berseberangan dengan apotek di mana produk pada kedua gambar di atas dijual |
Makassar, 22 Juni 2011
No comments:
Post a Comment